BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Selama ini kita mengetahui bagaimana cara kana dan
saudara-saudaranya merofa’kan pada mubtada’ sebagai issimnya dan kepada Khabar
yakni menashabkannya. Untuk itu dengan adanya penulisan makalah yang
berjudul Kana dan Saudara-sauradanya ini, setidaknya kita dapat mengetahui dan
memahami tentang bagaimana cara Kana dan saudara-saudaranya merofa’kan pada
mubtada’dan kepada Khabar yakni menashabkannya.
B.
Perumusan
Masalah
1. Apa yang dimaksud dangen kana dan saudara-saudaranya ?
2. Apa yang dimaksud dangen amal kana ?
3. Apa saja tanda rofa’nya ?
4. Apa saja tanda nashob’nya ?
5. Apa saja contoh contohnya ?
6. Apa saja contoh contoh dalam al quran ?
C. . Tujuan
a.
Tujuan Umum
Makalah ini kami buat bertujuan
untuk menambah ilmu pengetahuan kami terutama tentang Kana dan
saudara-saudaranya.
b. Tujuan Khusus
Pembuatan makalah ini bertujuan
untuk melengkapi tugas Bahasa Arab II dan menambah nilai.
D. Ruang Lingkup
Pembahasan makalah ini hanya kami
batasi tentang Kana dan saudara-saudaranya.
BAB II
PEMBAHASAN
- Pengertian Kana dan Saudara-Saudaranya
Kana dan saudara-saudaranya merupakan suatu fi’il,
dimana ketika ia masuk pada jumlah ismiyyah akan menyebabkan marfunya mubtada
dan disebut sebagai isim kaana, serta manshubnya khobar yang dinamakan khobar
kaana. [1]
Contoh :
مُحَمَّدٌ غَنِيٌّ
(muhammadun goniyyun)=Muhammad itu kaya
Jumlah di atas merupakan jumlah ismiyyah yang tersusun dari mubtada dan khobar. Ketika kemasukan kaana dan saudara-saudaranya pada jumlah tersebut maka menjadi
كَانَ مُحَمَّدٌ غَنِيّاً
(kaana muhammadun goniyyan)=dahulu Muhammad itu kaya
Dari hal ini, I’rob dari kalimat مُحَمَّدٌ adalah marfu’ dengan tanda dhommah, karena isim mufrod, sebagai isim kaana.
Contoh :
مُحَمَّدٌ غَنِيٌّ
(muhammadun goniyyun)=Muhammad itu kaya
Jumlah di atas merupakan jumlah ismiyyah yang tersusun dari mubtada dan khobar. Ketika kemasukan kaana dan saudara-saudaranya pada jumlah tersebut maka menjadi
كَانَ مُحَمَّدٌ غَنِيّاً
(kaana muhammadun goniyyan)=dahulu Muhammad itu kaya
Dari hal ini, I’rob dari kalimat مُحَمَّدٌ adalah marfu’ dengan tanda dhommah, karena isim mufrod, sebagai isim kaana.
Kaana mempunyai 3 arti yang berbeda-beda, sesuai
dengan konteks yang diinginkan, yakni
1. Bisa berarti terus menerus (istimror)
Contoh :
وَ كَانَ اللهُ غَفُورًا رَحِيْمًا (wa kaanallahu gofuurorrohiimaa)
Artinya : Allah senantiasa dzat yang maha pengampun lagi maha pengasih[2]
1. Bisa berarti terus menerus (istimror)
Contoh :
وَ كَانَ اللهُ غَفُورًا رَحِيْمًا (wa kaanallahu gofuurorrohiimaa)
Artinya : Allah senantiasa dzat yang maha pengampun lagi maha pengasih[2]
2. Bisa berarti menjadi
Contoh :
كَانَ وَجْهُهُ مُسْوَدَّةً (kaana wajhuhu muswaddatan)
Artinya wajahnya (para orang musyrik) menjadi suram[3]
3. Bisa berarti madhi (dulu)
Contoh :
كَانَ عَلِيٌّ مُجْتَهِدًا (kaana aliyyun mujtahidan)
Artinya : Ali dahulunya adalah seorang mujtahid. [4]
- Pengertian Amal Kana dan Saudara-Saudaranya
1. Sebagai fungsi waktu
- أَصْبَحَ (ashbaha)=waktu subuh
- أَضْحَى (adhha)=waktu dhuha
- ضَلَّ (dholla)=waktu siang
- أَمْسَى (amsa)=waktu sore
- بَاتَ (baata)=waktu malam
- أَصْبَحَ (ashbaha)=waktu subuh
- أَضْحَى (adhha)=waktu dhuha
- ضَلَّ (dholla)=waktu siang
- أَمْسَى (amsa)=waktu sore
- بَاتَ (baata)=waktu malam
Contoh :
بَاتَ الْوَلَدُ نَائِمًا
(baata alwaladu naaiman)=Anak itu tidur di malam hari
الْوَلَدُ marfu’ dengan dhommah, isim mufrod sebagai isim بَاتَ
2. Sebagai fungsi untuk meniadakan
- لَيْسَ (laisa)=bukan/tidak
Contoh :
لَيْسَ النَّجَاحُ سَهْلاً
(laisa annajaahu sahlan)=Kesuksesan itu tidaklah mudah
النَّجَاحُ marfu’ dengan dhommah, isim mufrod sebagai isim لَيْسَ
3. Sebagai fungsi perubahan
- صَارَ (shooro)=menjadi
Contoh :
صَارَ مُحَمَّدٌ شَابًّا
(shooro muhammadun syaabban)=Muhammad telah menjadi seorang pemuda
مُحَمَّدٌ marfu dengan dhommah, isim mufrod sebagai isim صَارَ
4. Sebagai fungsi terus menerus
- مَابَرِِحَ(maabariha)=senantiasa
- مَانْفَكَّ(manfakka)=senantiasa
- مَافَتِئَ(maafati`a)=senantiasa
- مَازَالَ(maazaala)=senantiasa
بَاتَ الْوَلَدُ نَائِمًا
(baata alwaladu naaiman)=Anak itu tidur di malam hari
الْوَلَدُ marfu’ dengan dhommah, isim mufrod sebagai isim بَاتَ
2. Sebagai fungsi untuk meniadakan
- لَيْسَ (laisa)=bukan/tidak
Contoh :
لَيْسَ النَّجَاحُ سَهْلاً
(laisa annajaahu sahlan)=Kesuksesan itu tidaklah mudah
النَّجَاحُ marfu’ dengan dhommah, isim mufrod sebagai isim لَيْسَ
3. Sebagai fungsi perubahan
- صَارَ (shooro)=menjadi
Contoh :
صَارَ مُحَمَّدٌ شَابًّا
(shooro muhammadun syaabban)=Muhammad telah menjadi seorang pemuda
مُحَمَّدٌ marfu dengan dhommah, isim mufrod sebagai isim صَارَ
4. Sebagai fungsi terus menerus
- مَابَرِِحَ(maabariha)=senantiasa
- مَانْفَكَّ(manfakka)=senantiasa
- مَافَتِئَ(maafati`a)=senantiasa
- مَازَالَ(maazaala)=senantiasa
Contoh :
مَازَالَ الْسَارِقُ مُكَدِّرًا
(maazaala assaariqu mukaddiron)=Pencuri itu senantiasa membuat resah
الْسَارِقُ marfu’ dengan dhommah, isim mufrod sebagai isim مَازَالَ
مَازَالَ الْسَارِقُ مُكَدِّرًا
(maazaala assaariqu mukaddiron)=Pencuri itu senantiasa membuat resah
الْسَارِقُ marfu’ dengan dhommah, isim mufrod sebagai isim مَازَالَ
5. Sebagai fungsi jeda waktu
- مَادَامَ (maadama)=selama
Contoh :
لاَ تَخْرُجْ مَادَامَ الْيَوْمُ مُمْطِرًا
(laa takhruj maadama alyaumu mumthiron)=Jangan keluar selama hari masih hujan
الْيَوْمُ marfu’ dengan dhommah, isim mufrod sebagai isim مَادَامَ
- مَادَامَ (maadama)=selama
Contoh :
لاَ تَخْرُجْ مَادَامَ الْيَوْمُ مُمْطِرًا
(laa takhruj maadama alyaumu mumthiron)=Jangan keluar selama hari masih hujan
الْيَوْمُ marfu’ dengan dhommah, isim mufrod sebagai isim مَادَامَ
Catatan
1. Ketentuan isim kaana atau saudara-saudaranya dan khobar kaana atau saudara-saudaranya sebagaimana ketentuan pada mubtada dan khobar .
2. Jika isim kaana dan saudara-saudaranya berupa isim muannats, maka kaana dan saudara-saudaranya juga berbentuk muannats. Hal ini karena kaana dan saudara-saudaranya merupakan fi’il. [5]
Contoh :
كَانَتْ عَائِشَةُ صَالِحَةً
(kaanat ‘aisyatu sholihatan)= aisyah adalah wanita yang sholehah
1. Ketentuan isim kaana atau saudara-saudaranya dan khobar kaana atau saudara-saudaranya sebagaimana ketentuan pada mubtada dan khobar .
2. Jika isim kaana dan saudara-saudaranya berupa isim muannats, maka kaana dan saudara-saudaranya juga berbentuk muannats. Hal ini karena kaana dan saudara-saudaranya merupakan fi’il. [5]
Contoh :
كَانَتْ عَائِشَةُ صَالِحَةً
(kaanat ‘aisyatu sholihatan)= aisyah adalah wanita yang sholehah
- tanda rofa’ isim kaana
Jenis
Isim
|
Rofa’
|
|
tanda
|
contoh
|
|
Mufrod
|
Dommah
|
مُسْلِمٌ
|
Maqsur
(alif layinah)
|
Dommah muqoddaroh
|
مُوْسَى
|
Manqush
(ya layinah)
|
Dommah muqoddaroh
|
الهاَدِى
|
Mutsanna
|
Alif
|
مُسْلِمَانِ
|
Jama’
Mudzakkar Salim
|
Wawu
|
مُسْلِمُوْنَ
|
Jama’
Muannats Salim
|
Dommah
|
مُسْلِمَاتٌ
|
Jama’
Taksir
|
Dommah
|
رِجَالٌ
|
Asma’ul
Khomsah
|
Wawu
|
أَبُوْكَ
|
Ghoiru
Munshorif
|
Dommah
|
أَحْمَدُ
|
- tanda Nashob isim kaana
Jenis Isim
|
Nashob
|
|
tanda
|
contoh
|
|
Mufrod
|
Fathah
|
مُسْلِمًا
|
Maqsur (alif
layinah)
|
Fathah muqoddaroh
|
مُوْسَى
|
Manqush (ya
layinah)
|
Fathah
|
الهاَدِيَ
|
Mutsanna
|
Ya’
|
مُسْلِمَيْنِ
|
Jama’ Mudzakkar
Salim
|
Ya’
|
مُسْلِمِيْنَ
|
Jama’ Muannats
Salim
|
Kasroh
|
مُسْلِمَاتٍ
|
Jama’ Taksir
|
Fathah
|
رِجَالاًَ
|
Asma’ul Khomsah
|
Alif
|
أَباَكَ
|
Ghoiru Munshorif
|
Fathah
|
أَحْمَدَ
|
- contoh contoh kana
كَكَانَ ظَلَّ بَاتَ أَضْحَى
أَصْبَحا أَمْسَى وَصَارَ لَيْسَ زَالَ بَرِحَا
Adalah seperti Kaana (merofa’kan
pada Mubtada’ sebagai isimnya dan menashobkan khobarnya) yaitu lafazh: Zholla
(menjadi di siang hari), Baata (menjadi di malam hari), Adh-ha (menjadi diwaktu
dhuha), Amsaa (menjadi diwaktu sore), Shooro (menjadi), Laisa (tidak). Zaala
(senantiasa), Bariha (senantiasa) [6]
فَتىء وَانْفَكَّ وَهذِي
الأَرْبَعَهْ لِشِبْهِ نَفْي أوْ لِنَفْي مُتْبَعَهْ
Fati-a (senantiasa) Infakka
(senantiasa). Adapun yang empat ini (Zaala Bariha Fati-a Infakka) harus
diikutkan pada nafi atau serupa nafi
وَمِثْلُ كَانَ دَامَ مَسْبُوْقَاً
بِمَا كَأَعْطِ مَا دُمْتَ مُصِيْبَاً دِرْهَمَاً
Dan semisal Kaana (merofa’kan pada Mubtada’ sebagai
isimnya dan menashobkan khobar sebagai khobarnya) yaitu lafazh: Daama yg
didahului dengan Maa mashdariyyah-zharfiyyah, seperti contoh: A’thi..! maa
dumtu mushiiban dirhaman (berikan ia uang selama kamu punya) [7]
وَغَيْرُ مَاضٍ مِثْلَهُ قَدْ
عَمِلاَ إِنْ كَانَ غَيْرُ الْمَاضِ مِنْهُ اسْتُعْمِلاَ
Selain bentuk fi’il madhi (kaana
dan sdr-nya) jelas beramal semisal fi’il madhinya, apabila selain bentuk fi’il
madhinya dipergunakan.
- contoh contoh kana dalam al quran
الثَّالِثُ: (أَصۡبَحَ) وَهِيَ تَدُلُّ عَلَى ثُبُوتِ الۡخَبَرِ لِلۡاسۡمِ فِي
الصَّبَاحِ نَحۡوُ: (أَصۡبَحَ الۡبَرۡدُ شَدِيدًا)، وَقَوۡلِهِ تَعَالَى:
﴿فَأَصۡبَحۡتُم بِنِعۡمَتِهِ إِخۡوَٰنًا﴾ [آل عمران: ١٠٣] فَـ(التَّاءُ) اسۡمُهَا
وَ(إِخۡوَانًا) خَبَرُهَا.
أَصۡبَحَ yang menunjukkan tetapnya khabar
untuk isim pada pagi hari, contoh: أَصۡبَحَ الۡبَرۡدُ شَدِيدًا dan firman Allah ta'ala: فَأَصۡبَحۡتُمۡ بِنِعۡمَتِهِ إِخۡوَٰنًا (QS. Ali 'Imran: 103). Jadi
huruf ta` adalah isim ashbaha, sedang إِخۡوَانًا adalah khabar ashbaha. [8]
الرَّابِعُ: (أَضۡحَى) وَهِيَ تَدُلُّ عَلَى ثُبُوتِ الۡخَبَرِ لِلۡاسۡمِ فِي
الضُّحَى نَحۡوُ: (أَضۡحَى الطَّالِبُ نَشِيطًا).
أَضۡحَى yang menunjukkan tetapnya khabar
untuk isim pada waktu dhuha, contoh: أَضۡحَى الطَّالِبُ نَشِيطًا.
الۡخَامِسُ: (ظَلَّ) وَهِيَ تَدُلُّ عَلَى ثُبُوتِ الۡخَبَرِ لِلۡاسۡمِ فِي
النَّهَارِ نَحۡوُ: (ظَلَّ مُحَمَّدٌ صَائِمًا) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿ظَلَّ
وَجۡهُهُ مُسۡوَدًّا﴾ [النحل: ٥٨] فَـ(وَجۡهُهُ) اسۡمُهَا وَ(مُسۡوَدًّا)
خَبَرُهَا.
ظَلَّ yang menunjukkan tetapnya khabar
untuk isim pada siang hari, contoh: ظَلَّ مُحَمَّدٌ صَائِمًا dan firman Allah ta'ala: ظَلَّ وَجۡهُهُ مُسۡوَدًّا (QS. An-Nahl: 58). Di sini وَجۡهُهُ adalah isim zhalla dan مُسۡوَدًّا adalah khabar zhalla. [9]
السَّادِسُ: (بَاتَ) وَهِيَ تَدُلُّ عَلَى ثُبُوتِ الۡخَبَرِ لِلۡاسۡمِ فِي
اللَّيۡلِ نَحۡوُ: (بَاتَ زَيۡدٌ مَرِيضًا).
بَاتَ yang menunjukkan tetapnya khabar
untuk isim pada waktu malam, contoh: بَاتَ زَيۡدٌ مَرِيضًا.
السَّابِعُ: (صَارَ) وَهِيَ تَدُلُّ عَلَى التَّحَوُّلِ وَالۡانۡتِقَالِ
نَحۡوُ: (صَارَ الطِّينُ إِبۡرِيقًا).
صَارَ yang menunjukkan perubahan dan
perpindahan, contoh: صَارَ الطِّينُ إِبۡرِيقًا.
الثَّامِنُ: (لَيۡسَ) وَهِيَ تَدُلُّ عَلَى نَفۡيِ الۡخَبَرِ عَنِ الۡاسۡمِ
نَحۡوُ: (لَيۡسَ زَيۡدٌ قَائِمًا) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿لَيۡسُوا سَوَآءً﴾ [آل
عمران: ١١٣] فَـ(الۡوَاوُ) اسۡمُهَا وَ(سَوَاءً) خَبَرُهَا.
لَيۡسَ yang menunjukkan dinafikannya
khabar dari isim, contoh: لَيۡسَ زَيۡدٌ قَائِمًا dan firman Allah ta'ala: لَيۡسُوا سَوَآءً (QS. Ali 'Imran: 113), huruf
wawu adalah isim laisa sedang سَوَاءً adalah khabar laisa.
BAB
III
PENUTUP
- Kesimpulan
1. Kaana dan akhwatnya merupakan salah
satu dari amil nawasikh, yaitu amil yang dapat merusak susunan jumlah ismiyah.
2. Kaana dan akhwatnya amalnya yaitu
merafakan mubtada yang menjadi isimnya, dan menashabkan khabar mubtada yang
menjadi khabarnya
- Penutup
Demikian apa yang dapat disajikan oleh pemakalah, semoga dapat
memberikan manfaat bagi siapapun yang membacanya. Tentu masih terdapat banyak
kesalahan dan kekurangan dalam makalah yang singkat ini, untuk itu kritik dan
saran sangat penulis harapkan demi penyempurnaan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
.
[2]Prof. Dr. H. Arsyad Azhar, M.A. (2001) Dasar Dasar Penguasaan Bahasa Arab.
Yogyakarta. PUSTAKA LENTERA.
[9] http://www.abimuda.com/2015/07/download-pdf-buku-pelajaran-bahasa-arab-dasar-durusul-lughoh.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar